Rabu, 18 Maret 2015

Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Remaja



Dalam era globalisasi ini teknologi semakin maju, tidak dapat dipungkiri hadirnya internet semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kegiatan sosialisasi, pendidikan, bisnis, dsb.Khususnya para remaja, remaja seringkali ingin selalu update dan selalu maju dan tidak dipungkiri bahwa banyak sekali remaja yang menggunakan jejjaring sosial dalam berkomunikasi dengan sesamanya.




  • Media sosial merupakan situs dimana seseorang dapat membuat web page pribadi dan terhubung dengan setiap orang yang tergabung dalam media sosial yang sama untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast , maka media sosial menggunakan internet.
  • Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa.Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 11 tahun sampai 21 tahun
                                                                                                                     


  •  Jejaring sosial memang sangat berguna bagi perkembangan remaja karena remaja dapat mengikuti perkembangan jaman dengan baik. Remaja dapat memanfaatkan jejaring sosial untuk berkomunikasi, melihat orang-orang yang berada jauh darinya dll. Namun, jejaring sosial dapat berpengaruh terhadap perkembangan remaja. Remaja memang akan menjadi maju dalam perkembangan jaman tetapi sisi negatifnya adalah remaja bisa menjadi malas, menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh, dll.
  • Manfaat jejaring sosial:
    1. Tempat promosi yang baik dan murah
    2. Dampak memperluas jaringan pertemanan
    3. Media komunikasi yang mudah
    4. Tempat mencari informasi yang bermanfaat
    5. Tempat berbagi foto, informasi, dll.
  • Dampak negatif:
    1.  Mengganggu kegiatan belajar remaja
    2.  Bahaya kejahatan
    3.  Bahaya penipuan
    4.  Tidak semua pengguna media sosial bersifat sopan
    5.  Mengganggu kehidupan dan komunikasi keluarga
  •  Upaya mengatasi bahaya jejaring sosial:
    • Mendekatkan diri pada Tuhan
    • Menjaga relasi baik dengan keluarga
    • Tidak mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal
    • Tidak mencantumkan data-data pribadi di jejaring sosial, dll.
  • Remaja memang selalu ingin aktif dalam bidang sosial, apalagi dalam jejaring sosial. Memang hampir semua remaja menggunakan jejaring sosial untuk berkomunikasi, mencari-cari, bermain, dll. Tetapi dibalik manfaat, banyak bahaya yang mengintai remaja. Oleh karena itu remaja dianjurkan untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan media sosial.
  • Sebaiknya remaja dapat memanfaatkan jejaring sosial dengan benar dan tidak mudah terjerumus kedalam bahaya jejaring sosial dengan mendekatkan diri pada Tuhan, menjaga relasi dengan orang tua, dan remaja sebaiknya harus selalu berhati-hati dalam menggunakan jejaring sosial tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar